• Post
  • Huawei, Xiaomi dan Oppo Rilis Smartphone 5G di Swiss

Huawei, Xiaomi dan Oppo Rilis Smartphone 5G di Swiss

Huawei, Xiaomi dan Oppo Rilis Smartphone 5G di Swiss

Swiss melalui perusahaan telekomunikasi Sunrise, akan membuat teknologi 5G menjadi semakin nyata. Sunrise mengumumkan bahwa pekan ini mereka mulai menawarkan tiga smartphone 5G dari tiga merek asal Cina, yaitu Huawei, Xiaomi dan Oppo.

Dilansir laman GSM Arena, Selasa, 30 April 2019, Huawei menghadirkan Mate 20 X 5G. Versi tersebut adalah yang terbesar dari seri Mate 20 yang pertama kali diluncurkan Oktober lalu di London, Inggris.

Beberapa pekan terakhir, terdengar isu bahwa varian 5G dan peluncurannya pertama kali akan dibesut oleh Sunrise. Smartphone dengan brand Huawei ini memiliki baterai lebih kecil yaitu 4.200 mAh, dibandingkan versi standarnya yakni 5.000 mAh, namun diimbangi dengan fitur Super Charge 40W yang lebih cepat. Harga ponsel ini dibanderol senilai US$ 978 atau setara 13,7 juta rupiah. Yah, cukup untuk menguras dompet kamu.

Sementara itu, Xiaomi pertama kali mengumumkan smartphone 5G andalannya Mi Mix 3, pada Februari lalu dalam acara Mobile World Congress (MWC) yang digelar di Barcelona, Spanyol. Mi Mix 3 dibekali dengan chipset Snapdragon 855 yang diperbarui untuk mendukung modem Qualcomm X50 5G.

Xiaomi juga telah mengumumkan kemitraannya dengan berbagai operator yang ada di seluruh Uni Eropa, termasuk Three, Oranye, Telefonica, TIM, Vodafone, dan Sunrise, yang merupakan yang pertama untuk mendapatkannya. Xiaomi juga mengumumkan kerangka waktu peluncuran pada Mei, dan kabarnya mulai dijual di Swiss pada hari Kamis, 2 Mei 2019 kemarin.

Untuk harga, Mi Mix 3 5G awalnya dinilai dengan 599 Euro setara dengan 9,6 juta rupiah, namun dengan melihat konsumen, kemungkinan akan membayar lebih dari itu. Operator Swiss akan melabeli ponsel 5G itu seharga US$ 831 sekitar 11,6 juta rupiah. Harga ini merupakan yang termurah dibandingkan dengan smartphone 5G lainnya.

Adapun Oppo baru-baru ini mengumumkan seri Oppo Reno, untuk varian 5G yang akan tiba di Zurich sebagai bagian dari kemitraan Swisscom. Swisscom adalah operator pertama yang meluncurkan varian 5G yang dilengkapi dengan 256 GB penyimpanan internal, kamera zoom 10x, dan RAM 8GB.

Smartphone dengan daya baterai 4.065 mAh itu bakal dihargai US$ 980 setara dengan 13,7 juta rupiah dan akan tersedia di toko-toko pada 1 Mei 2019.

Sunrise Communications AG memiliki jaringan 5G pertama di Swiss, yang mencakup lebih dari 150 kota dengan 5G sejak awal April. Sunrise berencana untuk menyelesaikan peluncuran 5G secara nasional pada akhir 2019.

Sumber: tempo.co

Share:
menu
menu