• Post
  • Dasar Keamanan Facebook, Netizen Wajib Tahu

Dasar Keamanan Facebook, Netizen Wajib Tahu

Dasar Keamanan Facebook, Netizen Wajib Tahu

Dasar Keamanan Facebook, Netizen Wajib Tahu - ProDigital.web.id akan mengulas tentang dasar-dasar keamanan pada platform sosial media Facebook. Platform ini memiliki beberapa kebijakan dan fitur yang harus kamu tahu demi menjaga identitas dan informasi pribadi pengguna tetap terlindungi dari berbagai macam ancaman pembajakan dan pencurian data. Facebook saat ini memiliki pengguna di hampir seluruh penduduk yang ada di dunia.

Facebook ingin mendorong semua orang atau semua penggunanya menyadari pentingnya menjaga informasi dan identitas pribadi agar tetap aman. Banyak sekali langkah yang telah diterapkan oleh Facebook agar pengguna tetap aman dan nyaman dengan layanan yang diberikan oleh Facebook. Mulai dari bersosial media secara pribadi hingga merangkul bisnis dan ecommerce.

Bagi Facebook data pengguna adalah suatu hal yang sangat penting, yang harus dijaga dengan aman dan memberikan kesan postif untuk penggunanya. Terkadang banyak pengguna yang belum menyadari bahwa ada beberapa fitur dasar yang dapat digunakan agar pengguna dapat dengan nyaman menggunakan Facebook. Apalagi kamu adalah seorang Netizen yang sering meluncur dengan sosial media buatan Mark Zuckerberg.

Ada lima poin dasar dari fitur keamanan Facebook yang harus kamu atau Netizen ketahui agar data pribadi tetap aman.

1. Where You’re Logged In (dimana Anda login)

Fitur ini merupakan fitur untuk menunjukkan lokasi pengguna yang login dan perangkat yang digunakan. Fitur ini sangat berguna untuk memberitahu Anda tentang aktivitas yang aneh atau tidak biasa, yang dilakukan oleh pengguna selain kamu atau pihak lain. Fitur ini juga memberikan opsi untuk mengambil tindakan dengan cara keluar dari perangkat tersebut. Kamu juga sebagai pengguna diharuskan untuk melakukan dan memeriksanya secara berkala apabila mengakses Facebook pada komputer umum atau perangkat lain selain yang Anda gunakan.

2. Apakah itu Anda?

Facebook merekomendasikan dan menyarankan pengguna untuk mendaftarkan diri agar mendapatkan pemberitahuan terkait login yang tidak dikenal. Apabila mengaktifkan fitur ini, kamu akan mendapat notifikasi pada akun Facebook, Facebook Messenger, dan email yang terdaftar pada Facebook kamu, yang menginformasikan apabila ada pihak lain yang telah masuk untuk login melalui perangkat tidak dikenal. Pengguna juga bisa memilih 'not me' untuk keluar dari perangkat lain jika itu bukan kamu yang melakukan login.

3. Perkuat Kata Sandi

Banyak sekali pengguna menggunakan kata sandi yang mudah diingat dan mudah ditebak berkaitan dengan hal yang pribadi serta umum diketahui orang lain. Sangat penting sekali untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan unik pada akun Facebook kamu, sehingga tidak mudah ditebak oleh orang lain yang ingin iseng atau bahkan membajak Facebook kamu. Untuk dapat memperkuat kata sandi ini  sebaiknya, kamu menggunakan kombinasi unik yang terdiri dari angka, karakter, dan kata. Silahkan mengunjungi menu 'Changing Password' (ubah kata sandi) untuk mengubah kata sandi Facebook kamu. Sangat disarankan dan lebih aman apabila kamu mengganti kata sandi Facebook kamu secara berkala.

4. Akses Keamanan Ganda

Cara lain untuk memperkuat keamanan Facebook adalah dengan memanfaatkan fitur 'two-factor authentication' atau 2FA untuk melakukan login. Fungsi 2FA pada Facebook ini juga dapat membuat akun kamu lebih aman karena kamu harus menggunakan kombinasi identifikasi personal untuk login. Biasanya cara fitur ini bekerja adalah kata sandi dan kode unik login dikirimkan ke nomor ponsel melalui pesan singkat untuk divalidasi.

Layanan lapisan kedua perlindungan ini banyak digunakan oleh bank dan berbagai penyedia layanan online lain yang menggunakan data pribadi atau data keuangan mereka. Setelah akun aman, pengguna dapat mendaftarkan perangkat yang sering dipakai untuk Authorized Logins (Login yang resmi), yang tidak membutuhkan kode, dan juga mengatur App Passwords (Kata Sandi Aplikasi) khusus.

5. Pilihlah Orang yang Kamu Percayai

Selain fitur di atas, facebook juga mampu mengatur sistem keamanan ekstra yakni pengguna dapat memiliki 3 hingga 5 orang teman yang dapat dipercaya dan dihubungi jika tidak dapat mengakses akunnya. Fitur ini bermanfaat jika ada seseorang mengakses akun kamu dan mengganti email dan kata sandi.

Untuk menggunakan fitur ini silahkan pilih Reveal my Trusted Contacts (ungkap kontak tepercaya) dan ketik nama lengkap teman yang kamu percayai. Selanjutnya kamu akan menerima link yang hanya dapat diakses oleh teman yang kamu percayai tersebut dan mereka dapat memberikan kode validasi untuk mengakses kembali akun pribadinya. Informasi keamanan itu juga dapat diakses dengan mudah melalui menu Pengaturan, kemudian Umum, dilanjutkan Keamanan dan Login.

Inilah tips yang dapat kamu gunakan untuk menjaga keamanan Facebook kamu dalam berselancar di dunia maya.

Sumber: tekno.tempo.co

Share:
menu
menu